Sony akhirnya terjun juga ke pasar netbook

laptop netbook_sony_vaio Sony akhirnya terjun juga ke pasar netbook. Raksasa elektronik Jepang itu baru saja meluncurkan Sony Vaio seri W, yang merupakan jajaran netbook yang berukuran 10 inci.

Seperti dikutip dari situs CNet, Netbook Sony ini diperkuat dengan prosesor Intel Atom N280, RAM 1 GB, Windows XP, serta hard disk 160 GB, yang merupakan spesifikasi rata-rata pada sebuah netbook.

Yang membuat netbook ini sedikit beda dengan netbook yang lain, ia memiliki layar beresolusi 1366x768, koneksi WiFi 802.11n, serta tentu saja, harga yang lebih 'premium' ketimbang netbook sekelasnya.

Netbook setebal 3,3 cm dan berat 1,1 kilogram itu juga menyediakan slot kartu Memori Stick, koneksi Bluetooth, serta finishing setara notebook Sony lain, yang biasanya menyodorkan papan ketik dan touchpad yang berkualitas.

Dengan software proprietari Sony, netbook ini juga bisa terkoneksi dengan perangkat-perangkat yang bersertifikasi Digital Living Network Alliance (DLNA), semisal beberapa HDTV Sony, PlayStation 3, atau konsol game portabel PSP. Di Amerika Serikat, netbook ini dibanderol US$ 500.

Ini merupakan langkah terobosan Sony, yang selama ini terkesan sangat gengsi untuk turun ke pasar netbook. Sebelumnya, Sony telah memiliki sebuah komputer Atom, yakni Sony Vaio VGN P588e. Namun Sony tak mau mengkategorikannya sebagai netbook, melainkan memanggilnya sebagai 'Lifestyle PC' dan menjualnya di sekitar US$ 1000.

Netbook memang sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Riset dari firma Gartner memperkirakan, penjualan netbook tahun lalu mencapai 5.3 unit. Padahal, penjualan komputer secara keseluruhan adalah sekitar 14 juta unit. Tak heran bila kemudian Sony akhirnya melirik segmen ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Panduan dan tutorial Teknologi Komputer--> IlmuTeknologi.Com - | - And adaptation in blogger by Ctemplates