Netbook Asus Makin Tipis

netbook asus Bukan cuma notebook yang makin tipis, seperti telah ditunjukkan oleh Dell melalui Adamo dan MSI melalui Slim X-340. Netbook pun setali tiga uang. Badannya makin tipis, dan tentu saja bobotnya semakin enteng.

Paling tidak seperti itulah netbook terbaru Asus Eee PC 1008HA. Diinspirasi dari kulit kerang, netbook yang sekarang hadir dengan dua pilihan warna (hitam dan putih) tersebut tampil tipis, yakni 1” (2,54cm). Sisi-sisinya tidak tegak lurus, tetapi membentuk jajaran genjang ke arah dalam, seperti laiknya pinggiran kulit kerang. O ya, jangan mengasosiasikan bahwa badannya terbuat dari kulit kerang ya.

Ada yang menarik di casing netbook yang kelak juga akan tersedia dalam warna pink dan biru itu. Kendati mengilap, badannya kini antigores. Ini dikarenakan casing Asus Eee PC 1008HA menggunakan teknologi high-glossy infusion.

Desain Eee PC 1008HA agak lain dari biasanya. Sisi kiri, kanan, dan belakang badannya nyaris bersih dari colokan apa pun. Tidak terlihat port USB dan VGA-out di sana. Semuanya tersembunyi di balik cover yang sewarna dengan casing. Di balik cover di sisi kiri belakang misalnya, tersembunyi satu port USB dan satu port mini USB. Cover serupa di sisi kanan menyembunyikan satu port USB dan port LAN.

Ya, karena badan yang tipis, Eee PC 1008HA cuma bisa menghadirkan dua port USB. Sementara itu port VGA dikonversi menjadi konektor mini-USB. Konektor mini USB khusus yang disambungkan ke port VGA itu sendiri disembunyikan di bawah notebook.

Ada lagi yang unik terkait dengan ketipisan fisik Eee PC 1008HA. Netbook yang memamerkan mikropon digital array ini menggunakan batere tipe baru, yakni Lithium Polymer – tipe batere yang umum dipakai di ponsel masa kini. “Baterenya bukan Lithium-Ion, karena Lithium Polymer yang daya tahannya lebih lama dan juga lebih ramah lingkungan. Bisa isi sel lebih banyak dari biasa, dan fisiknya lebih tipis,” jelas Hendry Lim (Product Specialist, Asus Indonesia).

Penggunaan batere polimer ini didukung oleh Super Hybrid Engine yang khas Eee PC. “Super Hybrid Engine akan mengurangi pemakaian daya sampai 15% sehingga bisa meningkatkan daya tahan batere sampai 6 jam,” urai Hendry tentang batere berkapasitas 4200mAh tersebut.

Ketika ditimang-timang, Asus Eee PC Seashell 1008HA terasa ringan. Ya, bobotnya hanya 1,1kg. Kendati tipis dan ringan, layar backlit slim LED Eee PC 1008HA ini tetap lega pada ukuran 10,1”. Begitu pula ukuran keyboard. “92%-sized,” tutur Hendry. “Tombol Shift kini lebih lebar,” tambahnya.

Untuk storage, Eee PC 1008HA menyediakan Hybrid Storage: kombinasi harddisk 160GB dan Eee Storage 10GB. Apa itu Eee Storage? Ini adalah kapasitas penyimpanan yang tersedia secara online. “Gratis dipakai selama 1,5 tahun dan bisa diperpanjang 6 bulan,” kata Hendry.

Fitur dan kelengkapan lain netbook tipis kurang lebih sama dengan tawaran netbook baru lain: prosesor Intel Atom N280, RAM 1GB, Bluetooth 2.1, Wi-Fi 802.11b/g/n, Webcam 1,3 megapixel, touchpad multi-gestures, plus sistem operasi Windows XP Home.

Oleh Asus, Eee PC 1008HA ini dibandrol dengan harga US$ 539.

kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Panduan dan tutorial Teknologi Komputer--> IlmuTeknologi.Com - | - And adaptation in blogger by Ctemplates